kekurangan dan kelebihan New media saat ini

10 11 2010

Fenomena jejaring social di internet dewasa ini benar2 mewabah, ada ratusan website yg menawarkan jasa pertemanan via dunia maya ini, sebut saja seperti myspace, tagged, youtube, wayn, twitter, mybloglog, dig, reddit, multiply, friendster, friendfeed, technorati, facebook, linkedin dan masih banyak lagi.

Namun tidak bisa dipungkiri facebook dan Twitter telah mencuri perhatian banyak pengguna diantara jaringan social yang lain.

Thus, facebook dan twitter, mana yg lebih bagus?

Secara subtansial tidak bisa disimpulkan mana yg lebih bagus diantara keduanya, Berikut ini adalah perbandingan facebook dan twitter .

Facebook menarik bagi orang yg ingin terus berhubugan dengan teman2 lama, teman2 sekolah, teman kantor dan kerabat. Kebanyakan orang akan dengan mudah bagaimana menggunakan facebbok. Facebook sangat menarik dengan aplikasi interfacenya yg sudah teringtegrasi dalam satu aplikasi. Sebut saja apalikasi email, download foto, video, chatting, notes, link dll. Makanya tidak jarang orang yg menggunakan akun facebooknya untuk terima email dan chatting, dan sudah tidak menggunakan mail yahoo atau gmail. Setelah login di facebook maka kita tidak perlu lagi login ke IM atau gtalk, tidak perlu lagi ke youtube untuk download video dll.

Twitter mungkin sedikit berbeda dgn facebook. Tidak jarang setelah orang membuat akun di twitter kebingungan harus melakukan apa, termasuk salah satu status twitter dari seornag teman seperti ini, “I’m still confusing what should I do with Twitter?”. Tapi setelah anda mencoba get-along dengan Twitter bisa jadi anda akan kecanduan juga. Meskipun tidan diprovide dalam satu aplikasi yg terintegrasi tp ada banyak 3th party developer aplikasi yg membangun aplikasi yg sangat menarik, seperti tweetphoto, tweetvideo, tweetdeck, dll.

Twitter adalah bagaimana anda memaksimalkan kekuatan 140 karakter untuk membangun jaringan baru, twiiter dengan cepat membangun opini para blogger, online marketer bahwa Twitter adalah media yang sangat berharga. Anda bisa mengajukan pertanyaan dan mendapat respon seketika.

Berbeda dengan Facebook, pada saat anda menfollow seseorng di Twitter atau anda telah mengetahui akun seseorang kamu bisa langsung berinteraksi dgn mereka tanpa harus menungggu follow balik dari mereka, maka pada saat itu update postingan dari orang tersebut akan terdisplay di frontpage anda tanpa harus menunggu approved dari orang tersebut. Contohnya saat anda mengetahui akun dari “Iwan Fals” http://www.twitter.com/iwanfals maka otomatis, kamu bisa berinteraksi dgn dia melalu fasilitas retweet atau bisa juga sekedar tweet dgn menyertakan @iwanfals distatus anda.

Display komentar di Twitter tidak disajikan dalam display berupa history, tapi anda cuman bisa mereply status sesorg tentu saja dengan maksimal 140 karakter. Lebih mirip wall to wall di facebook. Meskipun saat ini ada banyak 3th party membuat aplikasi seperti tweet longer dll.

Katakanlah anda pergi ke suatu pernikahan atau acara pertemuan social lainnya dimana mayoritas tamu acara tersebut anda kenal, seperti teman kantor, teman2 kuliah atau kerabat. Gaya komunikasi anda dengan para tamu adalah gaya Facebook. Anda bercakap2 dengan teman lama dan kenalan, Bercampur dan berbaur dalam cara yang intim dan akrab.

Sekarang, ketika Anda pergi ke sebuah pesta besar atau acara sosial di mana Anda tidak tahu sebagian besar orang yang hadir, Anda akan menggunakan gaya yang sangat berbeda dalam berkomunikasi, lebih mirip Twitter; anda ingin bertemu orang-orang dan entah bagaimana caranya agar diri Anda dikenal, mungkin melakukan pendekatan formal, meskipun sedikit kaku tapi peluang untuk mendapat network baru jadi terbuka.

Jadi mana yang terbaik?

Kelebihan Twitter

  • Mudah untuk mengupdate dan lebih banyak kesempatan untiuk mandapatkan jaringan yg lebih luas.
  • Siapa pun menjadi Follower orang lain kecuali diblokir.
  • Pure alat komunikasi, cepat tanggap
  • Anda tidak perlu harus log in untuk mendapatkan update; Anda bisa menggunakan aplikasi pembaca RSS.
  • Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka, banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
  • Potensi menggunakan media inin untuk periklanan di masa mendatang .
  • Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook, memberikan keuntungan biaya.

Kekurangan Twitter

  • Terbatas fungsionalitas misalnya dalam menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat
  • Terbatas untuk 140 karakter per update
  • Tidak semua orang menemukannya dengan cepat manfaatnya.
  • Terlalu menekanan pada penghitungan pengikut
  • Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan jaringan.

Kelebihan Facebook

  • Applikasi yg terintegrasi, email, instant messaging, gambar / video sharing, dll
  • Kebanyakan orang dapat dengan cepat memahami manfaatnya, misalnya berhubungan dengan teman, keluarga dan membuat kontak; beberapa orang menggunakan Facebook bukannya email dan IM lagi.
  • Lebih menekankan pada hubungan yang mendalam dengan orang lain.

Kekurangan Facebook

  • Lebih sulit untuk memperbarui jaringan.
  • Memerlukan investasi waktu untuk menyadari manfaat yang berkelanjutan
  • Memerlukan approval user untuk mengizinkan orang lain untuk menjadi teman.
  • Kurang langsung tanggapan; kecuali Anda tetap masuk pada terus-menerus online

Pada dasarnya Facebook dan Twitter bisa menjadi media yg ampuh unutk memperluas networking atau memasarkan produk bisnis anda, instead sekedar mengupdate status dgn kalimat standard seperti “lagi makan siang”

 

http://r2note.co.cc/


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: