Pengertian Latex dan Lyx

20 03 2013

Pengertian Tex

TEX merupakan perangkat lunak pengolah dokumen yang terutama ditujukan menghasilkan dokumen yang berisi simbol-simbol matematik. Perangkat lunak ini diciptakan oleh Donald E. Knuth pada bulan Mei 1977 sebagai bahasa pembentuk dokumen (document formatting language). Pada awalnya TEX diimplementasikan dengan menggunakan bahasa Pascal, namun implementasi yang banyak dipakai saat ini adalah TEX yang dituliskan dalam bahasa C. Demikian juga perintahperintah yang ada dalam implementasi TEX yang digunakan saat ini sudah jauh berbeda dengan yang dirancang oleh Knuth pada tahun 1977. 
P
erangkat lunak TEX memiliki kemampuan yang baik untuk mengolah dokumen-dokumen yang berkualitas tinggi. Namun demikian, banyak pemakai yang memandang bahwa perintah – perintahnya sulit digunakan untuk menuliskan dokumen terstruktur yang terdiri dari unsur – unsur bab, sub-bab, paragraph, tabel dan gambar bernomor, dsb. Untuk mengatasi hal ini Leslie Lamport menuliskan sejumlah perintah tambahan yang berjalan di atas TEX. Hasil penambahan perintah-perintah ini kemudian dikenal sebagai LATEX. Kata lain yang memiliki akar kata yang sama adalah “technology”. Jadi pengucapan yang benar untuk TEX dan LATEX adalah “tekh” dan “latekh” yang berarti “seni”. Dalam penulisan nama TEX atau LATEX, jika huruf ’E’ tidak mungkin dituliskan agak turun ke bawah atau huruf ’A’ tidak mungkin dituliskan agak naik ke atas, penulisan dilakukan sebagai TeX atau LaTeX. LATEX yang diperkenalkan oleh Leslie Lamport dikenal sebagai LATEX 2.09. Sampai saat ini LATEX sudah dan masih mengalami pengembangan. Versi LATEX yang sudah disempurnakan dan diperbaiki dan saat ini banyak dipakai adalah LATEX2e dan sudah diperkenalkan pada Juni 1994.

Instalasi Latex terdiri dari beberapa software pendukung diantaranya :

    Ghoscript
    Ghostview : Berfungsi untuk menampilkan file-file output dari latex seperti eps, pdf, ps dll
    basicmiktex/smallmiktex : Berisi library(pustaka) yang dibutuhkan latex
    texmaker/winedit : merupakan editor untuk membuat file latex
    lyx : Untuk membuat tabel dan fungsi matematika
    bibtex : untuk membuat daftar pustaka

Tahap-tahap instalasi Latex :

    Buat suatu folder baru di drive C: dengan nama ”Latex”. Folder ini berfungsi untuk menyimpan semua data latex.
    Instal ghoscript dengan cara melakukan double-click pada icon aplikasi tersebut. Lakukan pengaturan pada tahap ”instal to directory”, ubah path dengan menekan tombol browse lalu masuk keadalam directori latex yang sudah dibuat sebelumnya. Lanjut keperintah selanjutnya hingga proses instalasi selesai.
    Instal gostview lakukan seperti tahap diatas.
    Lanjutkan dengan menginstal basic-miktex. Biasanya untuk mengistal software ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari software sebelumnya.
    Instal texmaker, lakukan seperti tahap sebelumnya. Selanjutnya kita dapat membuat file latex dengan cara membuka aplikasi texmaker.

Pengertian Lyx

 LyX adalah program yang digunakan untuk mengetik berbagai macam

dokumen, mulai dari memo, surat, laporan, dokumentasi software, buku, paper,
novel dan lain-lain. LYX merupakan salah satu front-end LATEX yang berbasis GUI, yang dapat dijalankan pada hampir semua platform sistem operasi. LATEX sudah cukup lama dikenal sebagai alat untuk menata tata letak (layout) buku atau majalah yang berkaitan dengan ilmu pasti. Dengan munculnya LYX yang dapat dioperasikan secara intuitif, hampir semua bidang dapat memanfaatkan LATEX sebagai alat untuk menata tampilan buku/ majalah. Sistem desktop publishing (DTP) digunakan untuk mengedit teks dan gambar yang dimasukkan pada suatu halaman penuh. Jadi, secara prinsip hampir semua jenis word processor atau document-processor dapat dijadikan salah satu komponen masukan dari sistem DTP. Apa keunggulan LYX pada sisi aplikasi DTP
LATEX yang bekerja di balik aplikasi LYX merupakan text-processor yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan word processor, di antaranya adalah konsistensi, referensisilang dan penempatan gambar/tabel secara otomatis, serta penyusunan pustaka yang konsisten. Konsistensi tata letak ini disebabkan karena semua komponen tata letak dikontrol oleh suatu makro atau paket LATEX. Dengan kata lain, sekali suatu makro didefinisikan maka akan didapatkan tata letak yang sangat konsisten
Secara teknis, LyX yang dibangun berdasarkan LaTeX kurang tepat jika dikategorikan sebagai word processor. Perancang LaTeX, Leslie Lamport (1985) menyebut LaTeX sebagai document preparation system. LaTeX merupakan front-end untuk bahasa scripting khusus untuk typesetting, TeX, yang dibuat oleh Donald Knuth (1984). Format pdf (portable document format) dan dvi (device independent format) bermula dari TeX
Simple Formula Guide to Latex/Lyx
Sedang cari-cari guide untuk menyisipkan formula di dokumen Lyx. Ketemu link A Simple Guide to Latex/Lyx. Memang, Lyx atau latex kan dibuat agar kita tidak terlalu pusing untuk mengurusi formatting, labelling, formula, placing, dll di dokumen kita, sehingga mestinya menyisipkan formula ini harusnya tidak jadi masalah.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: